Wednesday, July 20, 2011

Festival 5 Gunung, Magelang



perjalanan awal bulan Juli 2011 lalu ke dusun Keron di kaki Gunung Merbabu

acara berlangsung meriah dan ramai.. padahal nggak semua penduduk di sekitar lokasi yang saya tanyai pada tahu event tersebut. tapi malahan para tamu dari luar daerah yang berbondong bondong datang ke sana.. mungkin karena memang pemberitaan lebih banyak disebar melalui media online, selain itu tidak tampak adanya umbul umbul sponsor khas kl ada festival besar yang memenuhi jalanan. hanya ada tulisan terpasang di papan di seberang jalan KERON (nama dusun lokasi festival)

masuk ke jalan beraspal yang sedikit rada kurang bagus tibalah kita di satu dusun yang sudah dipenuhi banyak orang. ada beberapa spot penting di hari 1. pameran foto yang berada di depan salah satu rumah penduduk, lapangan kecil di sebelah atas yang menjadi tempat untuk pertunjukan di hari pertama dan juga beberapa warung kecil mie ayam untuk penganjal rasa lapar :oops:



acara dibuka dengan tarian topeng hitam yang dibawakan oleh anak anak, sedikit sambutan, setelah itu tarian demi tarian berlangsung sampai sore.. menjelang sore beberapa rekan dari jogja dan surabaya pamit untuk kembali ke jogja. saya sendiri rencana bermalam di ketep untuk mencoba memotret kawasan ketep di pagi hari. sembari nunggu sesepuh kita om waswis datang.







malam acara berlanjut dengan tarian dari solo yang serasa malah ke mengajak ke daerah jawa barat dengan iringan musik model jaipongan dan ditutup dengan pemutara layar tancap sampe malam.

berhubung jam 10 sudah terasa mengantuk akhirnya cabut dari lokasi. untung penduduk sekitar amat sangat ramah dan baik hati, sehingga niat semula yang bermalam di ketep dirubah bermalam di rumah mas bambang, salah satu pengrajin kayu limbah merapi. sebelum tidur kami dipanggil oleh tuan rumah untuk keluar kamar.. "mas...ampun tilem rumiyen".. kirain mau diberi wejangan apa.. ternyata di meja makan sudah tersedia nasi, ayam goreng dan osengan tahu.. saya sangat terharu.. kami yang bukan apa apa, ndak kenal sama sekali dianggap tamu spesial.. matur nuwun buat mas bambang sekeluarga yang sudah menerima kami dengan ramah

acara pagi berikutnya melipir ke kawasan ketep.. nanti bikin thread sendiri..soalnya landscape ahahaha

hari kedua melipir ke dusun keron sekitar jam 1. acara arak2an sudah mulai berkeliling dusun. Disambung dengan banyak tarian yang heboh yang atraktif. terutama waktu tarian gojek bocah yang dibawakan anak2 kecil dengan lincah dan lucunya sehingga penonton banyak yang tertawa terbahak bahak.

sekitar pukul 6 sore akhirnya kami melipir kembali ke jogja.

sampai ketemu di event berikutnya !



video pendek tarian smaradana bisa dinikmati di sini
http://www.vimeo.com/26282675

acara 2 hari ini dengan sukses menghabiskan total jenderal 28 gb sdcard ku, berkali kali harus mengecharge baterai kamera poket (baterai cadangan ketlisut :p)

No comments: