Monday, August 15, 2011

[flores] meraih matahari di kelimutu

pagi tadi, kami bertiga bergegas beranjak ketika weker dari HP berdering menandakan pukul 04.00. rencana nya pukul 04.30 kami akan berangkat dari penginapan kami di Moni, menuju parkiran TN Kelimutu. udara dingin ditambah tidur yang agak kurang setelah semalam begadang mencoba mengabadikan malam berlatar belakang pebukitandi Moni, membuat saya serasa enggan keluar dari kehangatan sleeping bag.

tak lama kemudian, mobil yang kami tumpangi sudah menderu di atas jalan berliku membelah kabut pagi. kurang lebih 15 menit kemudian kami sampai di pintu gerbang taman nasional. di sini ternyata sudah terlihat antrean para pengunjung yang akan menikmati surise dari puncak kelimutu. hampir semua pengunjung adalah turis dari luar selain wajah kami yang polos lugu ini :D. dan sialnya antrean cukup lama dilayani oleh petugas, butuh waktu sekitar 10 menit untuk membeli tiket masuk @2500 dan biaya kamera @5000 ini. waktu yang terbuang percuma :(

perjalanan dari parkiran menuju titik tertinggi kelimutu untungnya tidak terlalu jauh, sekitar 15 menit berjalan kaki melewati jalan setapak yang di beberapa bagian sudah difasilitas dengan jalan berbatuan. kabut semakin menebal mengiringi langkah kaki kami yang bergegas berkejaran dengan waktu. jam di tangan sudah menunjukan pukul 5.40 ketika kami mencapai titik tertitinggi tersebut. beberapa orang sudah berkerumun sembari mengobrol dengan beberapa bahasa yang tidak saya pahami. sebagian besar adalah turis dari eropa dan sudah berumur. suhu pada jam saya tercatat 14 C, tapi ada beberapa turis muda yang menggunakan celana pendek sekali sehingga membuat saya berpikir apa tidak kedinginan ya ?

kabut juga belum beranjak juga dari atas bukit ini, sehingga matahari pagi yang muncul tertutup kabut menimbulkan warna kekuningan. kabut tebal juga menyelimuti ketiga danau yang berbeda warna... ah sayang sekali kali ini kami belum bisa mengabadikan keindahan matahari terbit di atas kelimutu..

supaya tidak begitu menyesal saya mencoba melakukan eksperimen memotret time lapse dengan kamera poket saya.. untuk hasilnya minggu depan akan saya upload setelah selesai perjalanan dari Flores ini.

sekarang saya tebar racun update status dari puncak kelimutu dulu :D

No comments: