Friday, August 26, 2011

test pertama casing waterproof dicapac w310


perjalanan kali ini saya membawa dicapac w310, casing waterproof untuk si mini canon S95. di beli sehari sebelum berangkat dan cuma sempat di tes di kamar mandi sebelum akhirnya di bawa ke Flores..

jadi dalam kesempatan berenang ria di Nusa Boli kali ini saya lebih banyak mencoba menggunakan kamera kecil ini untuk merekam video bawah air.

ada beberapa plus dan minus menggunakan casing under water ini. akan saya coba membahasnya dengan bahasa orang awam ya

plus nya :
1. harganya ekonomis
dibanding dengan casing buatan canon yang khusus untuk s95 yang berharga sekitar 1.9 juta, maka casing dicapak w310 dengan harga 340 ribu ini menang telak.
2. ringan dan mudah dipacking
karena terbuat dari plastik tipis jadi amat sangat ringan dan tidak memakan tempat dibanding dengan menggunakan casing khusus yang terbuat dari mika / plastik tebal. Selain itu dicapac ini juga mudah dilipat dan dimasukan ke dalam tas ketika berpergian

minusnya :
1. pengontrolan sedikit susah
setelah kamera masuk ke dalam casing ini, akan sedikit susah dan mungkin sulit untuk bisa mengganti mode kamera. usahakan dari awal sebelum memasukan ke dalam apakah kita mau menggunakan mode kamera atau video. karena hampir mustahil untuk menggantinya nanti kalau sudah dimasukan ke dalam casing apalagi kl sudah masuk ke dalam air. tombol power ON / OFF masih bisa, zoom juga sedikit susah tapi masih bisa dilakukan ketika dalam keadaan statis tidak berenang renang, ring di depan juga tidak mungkin digunakan. berbeda dengan khusus dimana kita bisa menggunakan "hampir semua" tombolnya (maaf belum pernah mencoba yg casing khusus jadi kurang begitu yakin :p)
2. maksimal kedalaman
di dalam manual tertulis hanya bisa digunakan untuk kedalaman 4 m. saya sendiri baru mencoba paling kedalaman 2 m.. sedangkan casing khusus bisa untuk kedalaman 40 m
3. seal hanya berupa klip dan lipatan, jadi harus selalu berhati hati
dicapac (baik utk dslr maupun pocket) hanya mengandalkan zip lock dan beberapa lipatan untuk menahan air untuk tidak masuk ke dalam kantong. jadi sebelum digunakan harus selalu dicek apakah seal masih bagus tidak. sedangkan casing khusus menggunakan seal yang lebih kuat dan aman

jadi kesimpulan saat ini, dicapac w310 ini cukup berguna untuk dipakai bila ingin bermain air di tempat yang tidak dalam, di pantai, sungai maupun air terjun. paling tidak untuk menjaga supaya kamera kita tidak basah kena air.

kalau Anda butuh untuk diving lbh dari 4 m, memang casing khusus lah yang harus Anda gunakan.

No comments: